April, Riau Alami Inflasi 0,53 Persen

  • DRN
  • 02 Mei 2019, 12:48:48 WIB

Pekanbaru, Detakriaunews.com - Badan Pusat Statistik (BPS) Riau merilis bahwa sepanjang bulan April 2019 lalu, Riau mengalami inflasi sebesar 0,53 persen. Angka inflasi tersebut, merupakan angka tertinggi sepanjang tahun 2019 yang dipicu oleh kenaikan harga sejumlah bahan makanan.

Dari 23 kota besar yang berada di Pulau Sumatera, seluruhnya  mengalami inflasi yang dihitung berdasarkan harga Indeks Harga Konsumen (IHK). Angka inflasi di Riau pada bulan April mengalami kenaikan yang cukup signifikan yakni sebesar 0,53 persen, padahal angka inflasi nasional hanya berada di posisi 0,44 persen. 

Di wilayah Riai sendiri, ada 5 kelompok pengeluaran, yang menjadi penyumbang angka inflasi :

1. Bahan makan

2. Makanan jadi, minuman dan rokok

3. Perumahan, air, listrik, gas dab bahan bakar

4. Sandang

5. Transportasi

Dimana, komoditas yang memberikan andil cukup besar terhadap angka inflasi seperti cabe merah, bawang merah, bawang putih, daging ayam, tarif rumah sakit dan petai. Sementara itu, komoditas yang mengalami deflasi yakni beras, tarif listrik, serai, buncis dan perhiasan emas.

Mewakil Kepala BPS Riau - Aden Gultom, Kepala Bidang Statistik Distribusi Badan Pusat Statistik Riau, Agus Nuwibowo mengatakan, jika dibandingkan dengan bulan-bulan sebelumnya maka angka inflasi di Riau untuk bulan April memang terbilang cukup tinggi. Meski demikian, hal tersebut masih terbilang normal dan wajar karena hampir seluruh daerah juga merasakan hal yang sama.

"Angka inflasi di Riau untuk bulan April 2019 ini, merupakan angka tertinggi sepanjang tahun 2019. Bahkan nilai inflasi Riau berada diatas angka inflasi nasional yang hanya berjumlah 0,44 persen. Kendati demikian, laju inflasi masih terbilang normal karena jumlah komulatifnya baru mencapai angka 1,62 persen dan masih berada di bawah angka 3,5 persen. Kita berharap pada bulan April nanti, angka inflasi di Riau bisa turun mengingat akan ada momen bulan suci ramadhan 1440 Hijriah," ungkap Agus kepada Detakriaunews.com, Kamis (02/05) siang. 

Acara konfrensi pers BPS Riau kali ini dihadiri oleh Kepala Bappeda Riau - Rahmad Rahim serta sejumlah OPD terkait dilingkungan Pemerintah Provinsi Riau. Selain itu, juga hadir perwakilan dari Bulog dan Bank Indonesia. BRB

 

Ingin mengirimkan Berita atau Photo menarik di sekeliling anda? kirim Email ke alamat : detakriaunews@gmail.com atau redaksi@detakriaunews.com
( harap cantumkan data diri anda ).

Hosting Unlimited Indonesia