Bos IMF-WB Ajak Dunia Hindari Perang Dagang

  • DRN
  • 11 Okt 2018, 15:41:12 WIB

Bali, Detakriaunews.com - Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde menggelar konferensi pers dalam rangkaian Pertemuan Tahunan IMF-Bank Dunia 2018 di Bali. Dalam kesempatan tersebut, ia dia menekankan pentingnya kerja sama internasional.

Ia juga menyinggung masalah perang dagang yang sedang terjadi di dunia. Lagarde pun mengutip sebuah ungkapan Bali dalam ajakannya untuk memperkuat kerja sama internasional di bidang ekonomi. 

"Kita butuh kerja sama internasional yang lebih kuat, dan saya akan mengutip bahasa Bali lagi, dan saya janji akan menerjemahkannya: Menyama Braya," ujar Lagarde, Kamis (11/10/2018).

"Artinya adalah kita semua adalah saling bersaudara dengan satu sama lain. Jadi kita menggandeng tangan dan kita berada di perahu yang sama yang harus kita setir, bukan dibiarkan hanyut," ucap Lagarde.

Perahu yang ia maksud adalah kerja sama internasional. Lagarde khawatir akan efek tegangnya situasi perdagangan dunia. Hal itu bisa merusak sistem perdagangan yang berguna bagi banyak negara.

"Deskalasi tensi dagang, perbaiki sistem, jangan malah dirusak. Pakai policy-mix yang tepat, dan kembangkan pertumbuhan inklusif yang membutuhkan kebijakan jangka pendek dan yang lebih panjang," ucapnya sembari mendorong perbaikkan sistem agar lebih adil bagi semua pihak.

Meski Lagarde tidak menyebut nama figur tertentu, tetapi ucapannya seperti membahas manuver Presiden Donald Trump. Dalam kepresidenannya, Trump pernah mengancam untuk keluar World Trade Organization karena dianggap memiliki peraturan yang tidak adil. (Liputan6.com)

Ingin mengirimkan Berita atau Photo menarik di sekeliling anda? kirim Email ke alamat : detakriaunews@gmail.com atau redaksi@detakriaunews.com
( harap cantumkan data diri anda ).

Hosting Unlimited Indonesia