Bukan Angker, Jalan Tol Cipularang KM 90-an Banyak Jalanan Landai

  • DRN
  • 02 Sep 2019, 20:11:15 WIB

Jakarta, detakriaunews.com - Jalan tol Cipularang KM 90-an sering disebut angker. Hal itu lantaran banyak terjadi kecelakaan di sekitaran ruas jalan tol tersebut. Di ruas jalan tersebut memang terdapat banyak turunan dan tikungan. Ruas jalan yang menikung dan menurun secara tak sadar membuat para pengendara lengah dan lalai. Kelalaian itulah yang kerap menyebabkan kecelakaan.

Dalam catatan detikcom, Andrie Koestyawan yang pernah menjabat sebagai Kepala Sub Bagian Pelayanan Lalu Lintas Jasa Marga Tol Purbaleunyi pernah menyampaikan soal jalan tol Cipularang yang memiliki kontur menikung dan menurun. Bagi pengendara yang kurang hati-hati dan waspada bukan tidak mungkin kecelakaan dapat terjadi. 

"Cipularang itu dibangun di dataran tinggi, sehingga turunan dan tikungan pasti ada. Turunan dan tanjakan sudah pasti ada. Nah, beberapa turunan sudah sangat landai, dan ini yang harus diwaspadai. Karena turunan landai dan panjang maka ada yang tidak menyadari sedang dalam kondisi turunan, maka jadi lengah," ungkap Andre kala itu. 

"Kalau ada yang bilang angker, itu kan yang beredar di internet. Di mana ada yang suka menghubung-hubungkan. Tapi kan ada faktor yang secara ilmiah bisa menjelaskan, misal karena lelah, mengantuk, dan kendaraannya tidak memenuhi standar keamanan," tutur Andri.
Kali ini kecelakaan beruntun kembali terjadi di Tol Cipularang KM 91. Enam orang dinyatakan tewas karena terbakar akibat kecelakaan ini. Kecelakaan diduga berawal dari tergulingnya dump truck. 

"Ada dump truck yang paling depan, terguling. Patut diduga kemungkinan dump truck terguling karena apa, menyebabkan belakangnya nyerempet," kata Kapolda Jabar Irjen Rudy Sufahriadi di lokasi, Senin (2/9/2019). (detik.com)

Ingin mengirimkan Berita atau Photo menarik di sekeliling anda? kirim Email ke alamat : detakriaunews@gmail.com atau redaksi@detakriaunews.com
( harap cantumkan data diri anda ).

Hosting Unlimited Indonesia