Diperbolehkan Pasang APK, Bapak/Ibu Caleg Wajib Baca Aturan Ini

  • DRN
  • 13 Sep 2018, 16:56:26 WIB

Pekanbaru, Detakriaunews.com - Seluruh calon legislatif (Celeg) yang akan maju pada ajang Pileg 2019 mendatang, sudah diperbolehkan melakukan pemasangan Alat Peraga Kampanye (APK) terhitung mulai tanggal 23 September mendatang. Hanya saja, pemasangan APK tersebut hanya dibatasi untuk jangka waktu 3 bulan kedepan.

Ketua Komisi Pemilihan Umum Provinsi Riau, Nurhamin mengatakan, dalam masa kampanye ada beberapa aturan yang harus diikuti para Caleg diantaranya terkait adanya sejumlah aturan tempat pemasangan APK.

"Adanya sejumlah tempat yang dilarang untuk pemasangan APK. Diantaranya, tempat ibadah termasuk halaman, kemudian rumah sakit atau tempat pelayanan kesehatan, selanjutnya gedung milik pemerintah dan lembaga pendidikan (gedung dan sekolah)," paparnya.

Sementara itu, dari 12 jenis bahan kampanye, 5 diantaranya juga diatur mengenai ukurannya. Selebaran (flyer) misalnya, paling besar ukuran 8,25 sentimeter x 21 (dua puluh satu) sentimeter, sedangkan brosur (leaflet) paling besar ukuran posisi terbuka 21 sentimeter x 29,7 sentimeter, posisi terlipat 21 sentimeter x 10 sentimeter. Kemudian pamflet paling besar ukuran 21 sentimeter x 29,7 sentimeter, poster paling besar ukuran 40 sentimeter x 60 sentimeter dan stiker paling besar ukuran 10 sentimeter x 5 sentimeter.

Sedangkan untuk zonasi pemasangan APK nantinya, menurut Nurhamin pihaknya akan sedang melakukan pertemuan dengan pihak LO partai politik.

"Untuk zonasi, teknis dan berbagai persiapan lainnya, akan kami bahas dengan pihak partai di kantor KPU Kamis ini," tuturnya. DP

Ingin mengirimkan Berita atau Photo menarik di sekeliling anda? kirim Email ke alamat : detakriaunews@gmail.com atau redaksi@detakriaunews.com
( harap cantumkan data diri anda ).

Hosting Unlimited Indonesia