Direnovasi Total, Mesjid Raya Dihapus Sebagai Situs Sejarah

  • DRN
  • 12 Sep 2015, 14:30:47 WIB

Pekanbaru, Detakriaunews.com - Panitia khusus (Pansus) Pengembangan dan Pelestarian Budaya Melayu dan Kearifan Lokal DPRD Riau, akan memfokuskan nasib Cagar Budaya dan tujuan wisata Masjid Raya Pekanbaru yang mana saat ini, kondisi renovasi tersebut sudah berbeda dari bentuk awalnya. Hal ini juga telah menimbulkan permintaan dari Balai Pelestarian Budaya agar dihapuskan sebagai situs peninggalan sejarah.

"Kita memang lihat seharusnya tidak perlu ditambah-tambah seperti itu. Apa lagi dirubuhkan dan dibangun ulang seperti semulanya. Seharusnya cagar budaya itu tidak bisa direnovasi sejauh itu. Itu akan menjadi fokus kita," ujar Ketua pansus Pengembangan dan Pelestarian Budaya Melayu dan Kearifan Lokal DPRD Riau Masnur.
   
Oleh karena itu, pihaknya mengharapkan ini nantinya masuk dalam Ranperda untuk kemudian menjadi peraturan daerah. Jika sudah memiliki payung hukum seperti itu, target untuk menjadikan Riau sebagai pusat kebudayaan melayu di Asia tenggara pada 2020 dapat berjalan lancar.
 
"Banyak sekali kearifan lokal yang ada di Riau, baik dari segi kuliner, adat istiadat dan hal lainnya termasuk Masjid Raya Pekanbaru. Kita berharap kalau sudah jadi perda nanti ada payung hukum yang kuat untuk menjadikan Riau ini menjadi pusat melayu di dunia di tahun kedepannya," ucapnya.

Politisi Golkar ini mengatakan untuk langkah awal pihaknya akan bertindak cepat, dengan mengumpulkan anggota pansus lainnya untuk rapat secara internal. Kemudian mengumpulkan daftar invetaris masalah dengan mengundang pihak terkait seperti lembaga adat Riau dan Kabupaten/Kota.

"Kita akan meminta masukan-masukan sebagai bahan sehingga tahu apa dan bagaimana untuk melakukannya. Sehingga kalau sudah punya bahannya termasuk itu invertaris masalah terkait pengembangan budaya melayu dan kearifan lokal," tutupnya. (DP)

Ingin mengirimkan Berita atau Photo menarik di sekeliling anda? kirim Email ke alamat : detakriaunews@gmail.com atau redaksi@detakriaunews.com
( harap cantumkan data diri anda ).

Hosting Unlimited Indonesia