Dukung Pendidikan Berbasis Budaya Melalui Perda

  • DRN
  • 01 Sep 2015, 14:28:30 WIB

Pekanbaru, Detakriaunews.com - DPRD Riau mendukung pendidikan berbasis budaya untuk diterapkan keseluruh siswa, mulai dari siswa Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas. Hal ini disampaikan oleh anggota Komisi E DPRD Riau Ade Hartati.

Ade mengatakan, Riau memiliki potensi untuk penerapan nilai kebudayaan kepada anak-anak didik di sekolah. Dengan memberikan pendidikan berbasis budaya, diharapkan generasi kedepan akan menjaga kearifan budaya lokal, serta memiliki tata krama yang baik.

"Dengan menekankan nilai-nilai budaya dalam sistim pendidikan, diharapkan ini bisa terealisasi di Provinsi Riau. Nilai budaya harus tertanam dalam sistim pendidikan kita," ujar Ade Hartatai

Komisi E DPRD Riau membidangi pendidikan telah melakukan observasi ke daerah-daerah yang telah menerapkan sistem pendidikan berbasis budaya tersebut, salah satu daerah yang sudah menerapkan sistem itu ialah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

"Untuk sistim pendidikan tersebut, DIY memang patut dijadikan salah satu sumber referensi, karena daerah tersebut merupakan tempat lahirnya tokoh-tokoh pendidikan nasional, seperti Kihajar Dewantara, dan KH Ahmad Dahlan," tuturnya.

Politisi PAN ini juga menambahkan, secara kurikulum pada umumnya tetap mengacu pada sistim yang sudah diterapkan oleh pemerintah. Namun dalam Perda disebutkan, setiap pembelajaran, mereka diminta untuk memasukkan kearifan lokal, dan nilai budaya yang ada di sana.

"Di DIY itu mereka masih memakai kurikulum yang sudah ditetapkan pmerintah, namun bedanya mempunyai perda yang dapat memasukkan pendidikan berbasis budaya di setiap sekolah, kita wajib mencontoh seperti itu agar generasi muda kita tau tentang budaya melayu yang ada di Provinsi Riau ini," tutupnya. (DP)

Ingin mengirimkan Berita atau Photo menarik di sekeliling anda? kirim Email ke alamat : detakriaunews@gmail.com atau redaksi@detakriaunews.com
( harap cantumkan data diri anda ).

Hosting Unlimited Indonesia