Evaluasi Akuntabilitas Kinerja, Walikota Pekanbaru Kumpulkan Seluruh OPD

  • DRN
  • 11 Jun 2019, 15:34:25 WIB
Pekanbaru, Detakriaunews.com - Dalam rangka meningkatkan nilai Sistim Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) tahun 2018 dari Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB), Walikota Pekanbaru mengumpulkan 45 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan Pemerintah Kota Pekanbaru. Bersama dengan 199 Kabupaten/Kota lainnya di Indonesia, Pemko Pekanbaru bertekad bisa meraih nilai BB untuk SAKIP 2018. 
 
Rapat koordinasi evaluasi akuntabilitas kinerja ini, dipimpin langsung oleh Walikota Pekanbaru didampingi oleh Sekdako Pekanbaru, Kepala Bapeda dan Kepala Inspektorat Pekanbaru, bertempat di aula lantai 3 Kantor Bapeda Pekanbaru, Selasa (11/06) siang. Seluruh perwakilan OPD mendapatkan arahan langsung dari Walikota dan Inspektorat, agar penilaian SAKIP Pemko Pekanbaru mendapatkan nilai memuaskan. 
 
Penilaian SAKIP kepada pemerintah daerah bukan kali ini dilakukan, namun sudah dimulai sejak jaman orde baru lalu. Bahkan evaluasi nilai SAKIP dilakukan setiap tahunnya, guna mengukur kinerja pemerintah daerah dalam hal pengelolaan keuangan daerah agar efektif, efisien, hemat serta tepat sasaran. 
 
Untuk meningkatkan nilai SAKIP 2018, Pemko Pekanbaru telah sering melakukan bimbingan teknis dan coaching clinic untuk seluruh OPD sehingga tidak ada lagi OPB yang mendapatkan nilai rendah atau jelek. Dimana, nilai SAKIP didapatkan dari 5 komponen penilaian yakni perencanaan kinerja (30 %), pengukuran kinerja (25 %), pelaporan kinerja (15 %), evaluasi kinerja (10 %) dan pencapaian kinerja (20 %). 
 
Walikota Pekanbaru, Firdaus MT mengatakan, pada tahun 2017 lalu Pemko Pekanbaru baru mampu meraih nilai C (54) dari Kemenpan RB. Sedangkan pada tahun 2018 ini, Pemko Pekanbaru menargetkan bisa meraih nilai BB. 
 
"Saat ini, dari 45 OPD dibawah lingkungan Pemko Pekanbaru sebagian besar telah mengantongi nilai B dan BB. Sedangkan masih ada 6 OPD yang masih meraih nilai C dan tidak ada OPD yang meraih nilai D. Ini harus jadi perhatian seluruh pihak, terutama bagi Kepala OPD yang masih memiliki nilai rendah. Saya optimis, nilai BB bisa meraih nilai 70 dengan evaluasi yang dilakukan bersama pihak Inspektorat dan Bapenda," ungkap Firdaus MT kepada Detakriaunews.com, Selasa (11/06).
 
Pada awal Juli nanti, Inspektorat berencana akan mengumumkan nilai akhir SAKIP untuk masing-masing OPD dilingkungan Pemko Pekanbaru. Pasalnya, penilaian SAKIP terhadap Pemerintah Kota Pekanbaru sangat berkaitan dengan hasil penilain SAKIP dari masing-masing OPD. Rencananya, Tim Kemenpan RB akan turun ke Pekanbaru pada bulan Agustus mendatang untuk melakukan penilaian SAKIP 2018 bagi Pemko Pekanbaru. BRB

Ingin mengirimkan Berita atau Photo menarik di sekeliling anda? kirim Email ke alamat : detakriaunews@gmail.com atau redaksi@detakriaunews.com
( harap cantumkan data diri anda ).

Hosting Unlimited Indonesia