Gempa Situbondo, Ratusan Rumah Warga Sumenep Rusak

  • DRN
  • 11 Okt 2018, 15:06:27 WIB

Surabaya, Detakriaunews.com - Gempa M 6,4 di Situbondo yang terjadi pukul 01.44 Wib mengakibatkan ratusan rumah warga di Kecamatan Gayam, Kepulauan Sapudi, Sumenep, rusak. Kerusakan terjadi mulai tembok retak hingga roboh.

"Rusaknya ada yang tembok retak hingga rumah roboh," kata Pelaksana Kecamatan Gayam, Zainur Rachman, saat dihubungi detikcom, Kamis (11/10/2018).

Di Kepulauan Sapudi, jelas Zainur, terdapat dua kecamatan yang mengalami kerusakan yakni Kecamatan Gayam dan Kecamatan Nunggunung. Namun, kerusakan paling parah akibat gempa berada di Kecamatan Gayam. "Semua korban gempa berasal dari Desa Prambanan, Pancor, Nyamplong dan Karangtengah," ujarnya.

Saat ini, jelas Zainur, staf kecamatan masih terus melakukan pendataan terhadap ratusan rumah yang mengalami rusak hingga jumlah korban.

"Semua staf masih di lapangan untuk melakukan pendataan. Jumlah yang rusak ratusan," ujar Zainur.

Berdasarkan keterangan BMKG, gempa berpusat di 61 km sebelah timur laut Situbondo, Jawa Timur. Titik koordinat pusat gempa yakni 7,42 Lintang Selatan dan 114,47 Bujur Timur.

Gempa berada pada kedalaman 10 km. Gempa terjadi pukul 01.44.57 WIB. Gempa ini tak berpotensi tsunami. (Detik.com)

Ingin mengirimkan Berita atau Photo menarik di sekeliling anda? kirim Email ke alamat : detakriaunews@gmail.com atau redaksi@detakriaunews.com
( harap cantumkan data diri anda ).

Hosting Unlimited Indonesia