Jaga Mutu Layanan Kesehatan Peserta JNK-KIS, 2 RS di Pekanbaru Wajib Update Status Akreditasi

  • DRN
  • 02 Mei 2019, 15:44:40 WIB
Pekanbaru, Detakriaunews.com - Dalam rangka menjaga layanan mutu terhadap peserta Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan cabang Pekanbaru mengingkatkan pihak rumah sakit agar segera memperpanjang dan memperbarui status akreditasi. Untuk wilayah Kota Pekanbaru sendiri, ada 2 rumah sakit yang harus segera berakhir masa berlaku akreditasinya yakni Eka Hospital dan RSUD Petala Bumi.
 
Berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan nomor 99 tahun 2015 pada pasal 5 dan pasal 7, status akreditasi merupakan syarat wajib yang harus dipenuhi pihak rumah sakit dalam pengajuan kontrak kerjasama dengan BPJS Kesehatan. Selain akreditasi, juga ada faktor lainnya yang membuat terjadinya perpanjangan kontrak kerjasama yakni kredensialing, tidak beroperasi dan surat izin operasional yang habis masa berlaku.
 
Pada bulan Mei dan Juni 2019 ini, ada sebanyak 50 rumah sakit se Indonesia yang status akreditasinya akan berakhir dan harus segera diperbaharui. Untuk wilayah Pekanbaru sendiri, ada 2 rumah sakit yang status akreditasinya harus diperbaharui yakni Rumah Sakit Eka Hospital dan RSUD Petala Bumi. 
 
Petugas Pengelola Faskes Rujukan BPJS Kesehatan cabang Pekanbaru, Ayu Mitriza mengatakan, bahwa setiap rumah sakit yang bekerjasama dwngan BPJS kesehatan wajib memiliki status akreditasi. Dimana, status akreditasi tersebut harus diperbaharui (up grade) setiap 3 tahun sekali. 
 
"Akreditasi rumah sakit menjadi syarat wajib, yang tercantum dalam klausal kontrak perjanjian kerjasama antara rumah sakit dan BPJS Kesehatan. Jika pihak rumah sakit tidak segera memperbaharuinya, maka kontrak kerjasama dengan BPJS Kesehatan tidak bisa dilanjutkan," ungkap Ayu kepada Detakriaumews.com, Kamis (02/05) siang. 
 
Kepala Bidang SDM, Umum dan Komunikasi Publik BPJS Kesehatan cabang Pekanbaru, Ade Candra mengatakan, satu bulan jelang berakhirnya status akreditasi rumah sakit, pihaknya telah mengingatkan rumah sakit mitra BPJS Kesehatan untuk memperpanjang dan memperbarui status akreditasi yang dimiliki. Hal ini bertujuan, agar peserta JKN-KIS tetap mendapatkan pelayanan kesehatan dari pihak faskes rujukan.
 
"Kita menghimbau kepada pihak rumah sakit di Pekanbaru, untuk segera meng-update status akresitasinya. Jangan sampai, pelayanan kesehatan terhadap peserta JKN-KIS terhambat hanya karena rumah sakit tidak mengantongi status akresitasi terbaru. Jika nanti tiba-tiba ada rumah sakit yang tidak menerima pasien JKN-KIS, bukan berarti kita memutus kontrak kerjasamanya tapi mereka belum memenuhi persyaratan kontrak kerjasama yakni akreditasi. Begitu sudah ada, maka kontrak kerjasamanya bisa kembali dilanjutkan," ungkap Ade.
 
Selain RS Eka Hospital dan RSUD Petala Bumi, masih ada sebanyak 7 rumah sakit lainnya di Riau yang akan habis masa berlaku akresitasinya sebelum Desember 2019. Diantaranya, RS Jiwa Tampan, RS Syafira, RS Bina Kasih, RS TK IV, RSUD Selasih, RS PMC dan RS Mesra. BRB

Ingin mengirimkan Berita atau Photo menarik di sekeliling anda? kirim Email ke alamat : detakriaunews@gmail.com atau redaksi@detakriaunews.com
( harap cantumkan data diri anda ).

Hosting Unlimited Indonesia