Kapolres: Kalau Capek Jangan Paksakan Diri, Pemudik Bisa Singgah di 4 Pospam di Rohul Ini

  • DRN
  • 31 Mei 2019, 17:36:24 WIB

Pasir Pangaraian, Detakriaunews.com - Menjelang Idul Fitri, Kapolres Rokan Hulu (Rohul), AKBP Muhammad Hasyim Risahondua SIK, M.Si, mengungkapkan, Arus mudik di kabupaten Rohul, terpantau lancar.

Ia menambahkan, hingga saat ini belum intensitas kendaraan masih terlihat sepi dan belum mengalami peningkatan, kendaraan yang melintas juga lancar dan aman.

"Diperkirakan nanti H-3 menjelang lebaran Idul Fitri arus mudik di Rohul akan mengalami peningkatan, kalau untuk sekarang masih terlihat sepi," katanya, Jumat (31/5/2019).

Saat ditanya terkait titik rawan jalur mudik di Rohul, Kapolres Rohul, mengaku, memang sebelum nya ada beberapa titik rawan, yang disebabkan jalan rusak dan berlubang.

Namun sudah diperbaiki oleh Dinas PUPR, sehingga titik tidak ada lagi. Ia menjelaskan, ada 4 pos pengamanan (Pospam) Ops Ketupat Muara Takus 2019 yang disediakan atau dibangun, yakni:

1. Pospam di simpang TB Kecamatan Tandun.

2. Simpang Tiga Rumah Sakit Surya Insani

3. Seberang Masjid Agung Islamic Center Pasirpangaraian Kecamatan Rambah‎.

4. Simpang LKA Tambusai di Dalu-Dalu Kelurahan Tambusai Tengah.

Diakuinya, untuk memberikan pelayanan di 4 Pospam Ops Ketupat Muara Takus 2019, dilibatkan sekitar 143 personel gabungan.

Terdiri TNI dan Polri, Satpol PP, Tenaga Kesehatan dan anggota Pramuka.

"Jadi ini kita meng-cover kendaraan yang masuk‎ dari arah Pekanbaru, dan kendaraan yang akan ke Sumatera Utara," katanya.

AKBP Hasyim menerangkan, di setiap Pospam, pihaknya telah menyiapkan sejumlah fasilitas bekerjasama dengan instansi terkait untuk pemudik, termasuk kerjasama dengan Dinas Kesehatan Rohul, untuk menyediakan fasilitas kesehatan.

AKBP Hasyim mengimbau kepada para pemudik, apabila pemudik yang capek, baik roda dua atau roda empat‎ untuk singgah di Pospam-Pospam yang sudah ditentukan oleh pihak Polres Rokan Hulu.

Jangan memaksakan diri, karena keselamatan lebih penting.

"Di pos pam bisa cek kesehatan, cek tensi darah, dan ada obat penambah stamina bila diperlukan," sebutnya.

Dirinya juga mengimbau kepada pemudik, untuk mengecek kesiapan kendaraan sebelum mudik ke kampung halaman, menjaga kesehatan dan fisik, keselamatan, dan jangan berkendara sambil menggunakan handphone.

"Kemudian istirahatlah di tempat-tempat yang mungkin bisa menjaga keselamatan. Manfaatkan Pospam-Pospam pihak Kepolisian yang ditempatkan untuk bertanya dan istirahat," pesaannya.

Bagi petugas, ia mengimbau ke seluruh petugas Pospam untuk tetap disiplin dan bertanggung jawab, dan tugas yang diemban harus jadi kebanggaan bagi diri sendiri dalam pelaksanaan tugas pengamanan Operasi Ketupat Muara Takus 2019.

"Tetap jaga kesehatan jangan sampai sakit, kalau sakit tentunya tidak dapat menjalankan tugas di lapangan," pungkasnya. (TribunPekanbaru.com)

Ingin mengirimkan Berita atau Photo menarik di sekeliling anda? kirim Email ke alamat : detakriaunews@gmail.com atau redaksi@detakriaunews.com
( harap cantumkan data diri anda ).

Hosting Unlimited Indonesia