Kejar Target PAD, Walikota Warning Bapenda Pekanbaru

  • DRN
  • 14 Mei 2019, 18:06:14 WIB

Pekanbaru, Detakriaunews.com - Akibat terus berkurangnya dana bagi hasil yang diberikan oleh pemerintah pusat, membuat Pemerintah Kota Pekanbaru harus bekerja ekstra dalam mencari sumber pendapatan baru. Selain itu, target pencapaian pendapatan asli daerah atau PAD juga semakin digenjot agar bisa memenuhi kebutuhan keuangan daerah.

Walikota Pekanbaru, Firdaus MT sengaja menggelar rapat tertutup bersama dengan Badan Pendapatan Daerah atau Bapenda Pekanbaru, guna membahas realisasi pencapaian PAD selama tahun 2019. Pasalnya pada tahun ini, Walikota memasang target sebesar 880 miliar rupiah kepada Bapenda Pekanbaru. 

Hanya saja, Bapenda Pekanbaru cuma mampu merealisasikannya sebesar 664 miliar rupiah. Bahkan hingga memasuki triwulan kedua, baru sekitar 262 miliar rupiah yang bisa direalisasikan oleh Bapenda Pekanbaru sedangkan waktu yang tersisa hanya tinggal sekitar 7 bulan ke depan.

Kepala Bagian Humas Setdako Pekanbaru, Mas Irba Sulaiman mengatakan, selain harus mengoptimalkan pemasukan yang ada, Walikota meminta Bapenda Pekanbaru agar lebih pro aktif atau rajin jemput bola ke masyarakat. Pasalnya, Pekanbaru memiliki potensi PAD yang cukup besar jika didata, dikelola atau dipungut dengan baik.

“Kita tadi telah mendengarkan arahan dan masukan dari Pak Walikota, agar target PAD bisa tercapai. Teman-teman di Bapenda diminta untuk bekerja pro aktif dengan melakukan pelayanan jemput bola ke masyarakat. Selain itu, kita juga memiliki sumber PAD yang cukup besar salah satunya yakni pajak BPHTB,” ungkap Irba kepada Detakriaunews.com, Selasa 14/05.

Irba menambahkan, jika target PAD tidak terpenuhi maka tidak menutup kemungkinan akan dilakukan evaluasi jabatan terhadap Kepala Bapenda Pekanbaru. Bahkan hal tersebut, juga berlaku bagi sejumlah Kepala OPD lainnya yang memiliki nilai merah. BRB

Ingin mengirimkan Berita atau Photo menarik di sekeliling anda? kirim Email ke alamat : detakriaunews@gmail.com atau redaksi@detakriaunews.com
( harap cantumkan data diri anda ).

Hosting Unlimited Indonesia