Ketua DPRD Bengkalis Buka Paripurna Hari Jadi Bengkalis ke-507

  • DRN
  • 30 Jul 2019, 21:47:17 WIB

Bengkalis, Detariaunews.com – Bersempena dengan peringatan Hari Jadi Bengkalis ke-507 tahun 2019, DPRD Bengkalis menggelar Sidang Paripurna Istimewa yang dihadiri oleh Gubernur Riau, perwakilan kepada daerah dri 11 Kabupaten/Kota se Riau serta tokoh masyarakat, tokoh agama, mahasiswa dan tamu undangan lainnya. Dalam kesempatan tersebut, Ketua DPRD Bengkalis membacakan sejarah perjuangan masyarakat Bengkalis agar terlepas dari tangan penjajahan bangsa Portugis.

Acara puncak peringatan Hari Jadi Bengkalis ke-507 yang digelar di gedung DPRD Bengkalis tersebut, juga dihadiri Bupati Bengkalis - Amril Mukminin, Komandan Lanal Angkatan Laut Dumai dan sejumlah mantan Bupati Bengkalis seperti Azali Djohan (1989-1994), Fadlah Sulaiman (1995-2000), Syamsurizal (2000-2010) serta mantan Ketua DPRD Bengkalis yakni Reza Pahlevi. Dimana, Ketua DPRD Bengkalis - Abdul Kadir secara resmi membuka Sidang Paripurna Istimewa DPRD Kabupaten Bengkalis.

Dalam kata sambutannya, Ketua DPRD Bengkalis mengucapkan ribuan terima kasih kepada semua pihak yang telah hadir dalam acara peringatan Hari Jadi Bengkalis ke-507. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk persaudaraan dan kebersamaan serta silaturahmi diantara sesama anak negeri.

Peringatan Hari Jadi Bengkalis, seperti yang dijelaskan oleh Abdul Kadir, berhulu dari kemenangan Pahlawan Bengkalis dalam mengusir penjajah Portugis pada tanggal 30 Juli 1512 silam di Melaka.

“Berhulu dari peristiwa heroik di masa lampau, ketika putra-putri Bengkalis dengan semangat dan keberanian, melawan kengkuhan penjajah Portugis di bawah pimpinan Sultan Mahmud Syah dengan mengutus Batin Bengkali, Batin Bukit Batu dan Batin Siak untuk melakukan persiapan melawan Portugis di Melaka. Peristiwa heroic tersebut menunjukkan bahwa Bengkalis merupakan tanah yang berdaulat, tanah yang bertuan, yang siap mati demi bakti kepada Negeri,” ucap Abdul Kadir menjelaskan.

“Pada hari ini Kabupaten Bengkalis terus berbenah dan bergerak maju, agar terus berada dalam kegemilangan yang diimpikan negeri makmur dan sejahtera, negeri gemilang dan penuh kemuliaan. Kita wajib bersyukur, negeri ini telah dianugerahi dengan sumber daya alam yang luar biasa. Potensi yang tersedia dapat dimanfaatkan, sehingga mimpi untuk menjadikan negeri yang terbilang akan sampai pada tujuannya. Oleh karena itu, Hari Jadi Bengkalis bukan semata-mata peristiwa mengenang dan berbagi cerita atau kegiatan sebuah kegiatan sebuah ceremonial belaka,” beber Abdul Kadir.

Dalam kata sambutannya, Gubernur Riau – Syamsuar berharap agar Bengkalis bisa menjadi Kabupaten maju dengan sejumlah potensi yang dimiliki seperti sumber daya alam dan sektor pariwisata yang indah serta aneka permasalahan yang dihadapinya.

“Hendaknya kemajuan daerah, juga diimbangi dengan hadirnya sumber daya manusia yang berkualitas. Hal ini terus menajadi persoalan bagi kita semua, dalam menghadapi perkembangan zaman. Selama ini, Kabupaten Bengkalis telah dapat memberikan kontribusi dalam pembangunan di Provinsi Riau. Bengkalis memiliki sektor perkebunan, kehutanan, wisata alam, wisata religi, wisata kuliner, wisata budaya dan wisata sejarah yang cukup banyak dan unik. Kita juga tidak bisa menutup mata, masih banyak persolan yang harus dituntaskan seperti kebakaran hutan dan lahan serta abrasi pantai,” ujar Syamsuar.

Kehadiran Syamsuar dalam acara peringatan Hari Jadi Bengkalis ke-507 ini, ternyata mengundang perhatin banyak pihak. Syamsuar mengaku, dirinya baru pertama kali menghadiri acara peringatan Hari Jadi Bengkalis karena sebelumnya selalu disibukan dengan sejumlah kegiatan saat menjabat sebagai Bupati Siak. (ADV/DPRD-BENGKALIS/MAN)

Ingin mengirimkan Berita atau Photo menarik di sekeliling anda? kirim Email ke alamat : detakriaunews@gmail.com atau redaksi@detakriaunews.com
( harap cantumkan data diri anda ).

Hosting Unlimited Indonesia