Komisi IV Temukan Limbah PT Chevron Cemari Tahura Sultan Syarif Kasim

  • DRN
  • 15 Mei 2019, 15:32:28 WIB

Pekanbaru, Detakriaunews.com - Anggota Komisi IV DPRD Riau, Rabu pagi (15/05) melakukan kunjungan kesalah satu lokasi tahura sultan syarif kasim yang berada diKabupaten Siak.

Kunjungan tersebut dilakukan komisi IV karna adanya laporan masyarakat terkait dugaan limbah dari PT Chevron Pasific Indonesia yang telah mencemari lingkungan disekitar tahura tersebut.

Salah seorang anggota Komisi IV DPRD Riau, Asri Auzar mengatakan, pihaknya terkejut dengan temuan yang mereka dapatkan dilapanagan, sebab laporan yang mereka dapat dari masyarakat tersebut memang benar adanya.

"Tumpahan minyak itu hari ini sudah ditimbun, katanya pekerjaan permulaan, tapi setelah turun kelapangan minyak itu masih tampak keluar lagi berarti ada lagi Muara sumber limbahnya,"ujarnya kepada wartawan.

Pihaknya meminta kepada salah satu perusahaan minyak tersebut untuk memperbaiki kelalaian yang telah mereka lakukan,sebab limbah yang timbul tersebut sangat besar dampaknya terhadap lingkungan sekitar.

"Tadi kita sudah minta agar DLHK melakukan uji laboratorium terhadap komponen limbah yang didapati. Karena beberapa diantaranya ada limbah B3. kita yang akan menderita, mereka menikmati hasilnya. kita berharap kepada pihak chevron yang dulu datang ke Indonesia dan menanam investasinya dengan bumi alam yang bagus, dikembalikannya juga dengan yang bagus kita tidak mau dikembalikannya dengan penuh dengan limbah,"imbuhnya.

“Intinya keselamatan dan perlindungan terhadap manusia dan lingkungan di Provinsi Riau merupakan prioritas utama kami. Sebagai kontraktor dari Pemerintah Indonesia, kami melaksanakan program pemulihan tanah terpapar dari operasi di masa lampau di Blok Rokan,” jelasnya.

Walaupun demikian, PT CPI menyambut baik kunjungan tersebut dan menjelaskan tentang bagaimana pekerjaan di lokasi tersebut dijalankan dengan tetap memperhatikan kelestarian ekosistem. Kegiatan dilaksanakan berdasarkan arahan dan persetujuan dari Direktorat Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), serta dukungan dari Direktorat Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah dan B3 (PSLB3) KLHK, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Riau – UPT KPHP Minas Tahura, dan Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau. DP

Ingin mengirimkan Berita atau Photo menarik di sekeliling anda? kirim Email ke alamat : detakriaunews@gmail.com atau redaksi@detakriaunews.com
( harap cantumkan data diri anda ).

Hosting Unlimited Indonesia