Melambat, Ekonomi Riau Tahun 2018 Hanya Tumbuh 2,34 Persen

  • DRN
  • 06 Feb 2019, 13:19:01 WIB

Pekanbaru, Detakriaunews.com - Badan Pusat Statistik (BPS) Riau merilis, bahwa laju pertumbuhan ekonomi Riau sepanjang tahun 2018 hanya mampu tumbuh sebesar 2,34 persen. Jumlah tersebut berada jauh di bawah rata-rata nasional, yang berada di angka 5,17 persen. 

Pertumbuhan ekonomi global pada triwulan IV tahun 2018 melemah, karena disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya kebijakan Amerika yang menurunkan defisit perdagangan. Selain itu, pertumbuhan ekonomi Tiongkok triwulan IV yang berada di posisi 6,4 persen, merupakan angka terendah dalam 10 tahun terakhir. 

Kondisi ini menyebabkan sejumlah negara mengalami dampak, termasuk Indonesia dan Riau pada khususnya. Dimana, ekonomi Riau pada triwulan IV hanya mampu tumbuh sebesar 1,28 persen jika dibandingkan dengan triwulan IV tahun 2017 lalu (year on year).

Jika dihitung secara keseluruhan, maka laju pertumbuhan ekonomi Riau sepanjang tahun 2018 hanya mampu tumbuh 2,34 persen. Padahal, pertumbuhan ekonomi Riau tahun 2017 lalu mampu tumbuh sebesar 2,68 persen. 

Kepala BPS Riau, Aden Gultom mengatakan, ada beberapa faktor yang menyumbangkan pertumbuhan ekonomi Riau seperti bidang jasa, jasa perusahaan serta perdagangan. Sementara itu, sektor unggulan seperti pertanian, pertambangan dan industri justru tidak terlalu memberikan dampak yang cukup signifikan.

"Untuk di Riau, sektor jasa, jasa perusahaan (kontruksi) dan perdagangan cukup memberikan andil terhadap pertumbuhan ekonomi Riau sepanjang tahun 2018. Kue pembangunan (PDRB) Riau sepanjang tahun 2018 lalu, berjumlah sebesar Rp 755,2 triliun. Nah pertanyaannya, apakah kue pembangunan tersebut berdampak terhadap kesejahteraan atau dirasakan oleh masyarakat? Pasalnya, beredar isu bahwa adanya sistim tunda bayar yang dilakukan oleh sejumlah pemerintah daerah. Namun secara umum kita bisa sampaikan, bahwa tidak seluruh dana pembangunan dapat dinikmati masyarakat Riau," ungkap Aden kepada Detakriaunews.com, Rabu (06/02) siang. 

Aden menambahkan, laju pertumbuhan ekonomi Riau merupakan terendah di wilayah Sumatera. Sementara itu, angka rata-rata pertumbuhan ekonomi secara nasional sebesar 5,17 persen. BRB 

Ingin mengirimkan Berita atau Photo menarik di sekeliling anda? kirim Email ke alamat : detakriaunews@gmail.com atau redaksi@detakriaunews.com
( harap cantumkan data diri anda ).

Hosting Unlimited Indonesia