Memiliki Keutamaan Luar Biasa, Mari Perbanyak Sedekah Jariyah

  • DRN
  • 14 Sep 2018, 13:37:59 WIB

Detakriaunews.com - Sedekah jariyah adalah satu amalan yang takkan terputus walau yang bersedekah sudah meninggal dunia. Sedekah jariyah artinya sedekah yang pahalanya selalu dan terus mengalir, sampai sekalipun yang bersedekah sudah meninggal. Jariyah artinya mengalir.

Sedekah jariyah termasuk amalan yang pundi-pundi pahalanya mengalir saat kita sibuk bekerja, tertidur lelap bahkan saat kita sudah meninggal dunia. Dia adalah amal jariyah

Nabi shallallahu `alaihi wa sallam bersabda,

إِذَا مَاتَ الْإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَنْهُ عَمَلُهُ إِلا مِنْ ثَلاثَةٍ : إِلا مِنْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ ، أَوْ عِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ ، أَوْ وَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ

“Jika manusia mati, maka terputuslah amalnya kecuali tiga perkara: (1) sedekah jariyah, (2) ilmu yang diambil manfaatnya, (3) anak shalih yang selalu mendoakan orang tuanya.” (HR. Muslim No. 4310, an-Nasa`i 3666, dan yang lainnya)

Inilah keutamaan luar biasa dari sedekah jariyah, yang abadi walaupun jasad telah mati. Tahukah Anda, apa itu sedekah jariyah?

An-Nawawi ketika menjelaskan hadis ini, beliau menuliskan,

وَكَذَلِكَ الصَّدَقَةُ الْجَارِيَةُ وَهِيَ الْوَقْفُ

“Demikian pula sedekah jariyah, yang itu merupakan wakaf…”. (lihat Syarh Shahih Muslim [11/85])

Karena itu, tidak semua sedekah bisa menjadi jariyah..

Dan sesuatu disebut wakaf, jika bentuknya benda yang memiliki manfaat dan memiliki ketahanan atau tidak habis pakai, seperti : Mushaf, kitab/buku, tanah, bangunan, Barang, dan lain-lain.

Syaikh Abdullah Ali Bassam berkata : Wakaf adalah sedekah yang paling mulia.

Allah menganjurkannya dan menjanjikan pahala yang sangat besar bagi pewakaf, karena shadaqah berupa wakaf tetap terus mengalir menuju kepada kebaikan dan maslahat.

Nah ukhti, setelah kita mengetahui keutamaan sedekah jariyah ini, semoga hati kita digerakkan untuk mengamalkannya. (Ruangmuslimah.co)

Ingin mengirimkan Berita atau Photo menarik di sekeliling anda? kirim Email ke alamat : detakriaunews@gmail.com atau redaksi@detakriaunews.com
( harap cantumkan data diri anda ).

Hosting Unlimited Indonesia