Pasokan Daging Kurban Idul Adha di Rohil Cukup

  • DRN
  • 21 Sep 2015, 12:46:32 WIB

Bagansiapiapi, Detakriaunews.com - Pasokan kebutuhan daging sapi untuk Idul Adha di kabupaten Rokan Hilir (Rohil) diperkirakan cukup apalagi mengingat stok daging sapi yang ada di dalam Rohil saja sudah melimpah.‎‎

"Jadi pada prinsipnya cukup, saat ini jumlah sapi di Rohil lebih dari 6000 ekor. Tapi ya itu memang tergantung pada apakah peternak lokal mau menjual sapinya atau tidak, disisi lain kebanyakan sapi korban ada juga yang dibeli dari luar daerah," kata kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Rohil Muslim, di Bagansiapiapi.

Untuk kebutuhan sapi pada Idul Adha ini, Muslim mengatakan, kurang ingat persis berapa jumlahnya namun diperkirakan hanya seribuan ekor sapi saja mengingat pada tahun lalu jumlah sapi yang diperlukan dalam hari raya besar kedua bagi masyarakat muslim tersebut hanya sekitar 1.460-an ekor sapi saja.

"Melihat dari angka kebutuhan sapi tahun lalu dan ketersediaan sapi lokal maka diperkirakan tetap cukup untuk stok tahun ini," tambahnya.

Sementara menjelang hari raya Kurban pihaknya mengadakan kegiatan berupa pemeriksaan kesehatan terhadap sapi guna mencegah dikonsumsinya daging hewan yang mengandung kuman penyakit.

Muslim juga menghimbau agar pada saat pembagian daging kurban tidak mengunakan kantong kresek atau biasa di sebut asoi yang berwarna hitam karena dikhawatirkan mengandung zat kimia yang bisa mengkontaminasi daging. (WIL)

Ingin mengirimkan Berita atau Photo menarik di sekeliling anda? kirim Email ke alamat : detakriaunews@gmail.com atau redaksi@detakriaunews.com
( harap cantumkan data diri anda ).

Hosting Unlimited Indonesia