Pekanbaru Jadi Tuan Rumah Pencanangan Program Bhaksos TNI-Polri Manunggal KB-Kes 2019

  • DRN
  • 04 Sep 2019, 15:32:27 WIB

Pekanbaru, Detakriaunews.com - Pemerintah Kota Pekanbaru terpilih menjadi tuan rumah, pencanangan Bhakti Sosial TNI-Polri Manunggal Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) Kesehatan tahun 2019, yang dipusatkan di kawasan RSUD Madani Pekanbaru Jalan Garuda Sakti, Rabu (04/09). Dalam kegiatan bhaksos kali ini, dilaksanakan pelayanan KB, kesehatan dan iva test secara gratis serta adanya kegiatan bazar pangan sehat. 

Dengan mengusung tema "Kita Tingkatkan Akses dan Kualitas Pelayanan KB Kesehatan di Seluruh NKRI", kegiatan bhakti sosial ini dibuka secara langsung oleh Plt Sekdaprov Riau - Ahmadsyah Harofi, yang ditandai dengan pemukulan beduk. Dalam kesempatan ini, juga hadir Walikota Pekanbaru - Firdaus MT, Danrem 0301 WB - Letkol Infanteri Andri Sulistiawan, Kepala BKKBN Riau - Agus P Proklamasi dan Direktur RSUD Arifin Ahmad Pekanbaru - Nuzzely Husnedy, Kadisdalduk KB Pekanbaru - Muhammad Amin serta jajaran unsur Forkompinda Pekanbaru. 

Ketua panitia yang juga merupakan Komandan Korem 0301 WB, Letkol Infranteri Andri Sulistiawan mengatakan, krgiatan ini merupakan bentuk kontribusi TNI-Polri dan BKKBN Riau, dalam rangka pengendalian penduduk di Riau. Ada sejumlah kegiatan yang dilaksanakan seperti pelayanan KB, kesehatan dan Iva test gratis serta aksi donor darah dan bazar makanan sehat.

Plt Sekda Provinsi Riau, Ahmadsyah Harofie mengungkapkan, Gubernur Riau sangat menyambut baik diadakannya program bhakti sosial TNI-Polri Manunggal KB Kes 2019. Dalam rangka peningkatan Ketahanan Keluarga, maka kehadiran kampung KB sangat dibutuhkan. 

"Pak Gubernur sangat mendukung setiap kegiatan yang dilaksanakan oleh BKKBN Riau, termasuk bhaksos bersama TNI-Polri melalui pencanangan KB Kes 2019. Secara umum, jumlah anak rata-rata dalam sebuah keluarga di Riau masih mencapai angka 3 orang. Sedangkan dalam program kampung KB, ada istilah 2 anak cukup dan bahagia," ungkap Plt Sekda. 

Walikota Pekanbaru, Firdaus MT menjelaskan, selain harus mengendalikan jumlah pertumbuhan penduduk melalui program KB, pemerintah juga konsen dalam hal peningkatan kualitas dan mutu penduduknya melalui program ketahanan keluarga. Untuk menghasilkan generasi muda yang unggul dan berkualitas, maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan termasuk asupan gizi yang sehat dan seimbang.

"Pengendalian penduduk melalui program kampung KB, dinilai cukup efektif dan sangat diminati masyarakat. Melalui program kampung KB, banyak informasi yang bisa didapatkan masyarakat dan tidak selalu mengenai program KB karena kita terbaik nasional. Hanya saja, saat ini ada sebuah tantangan yang kita hadapi terkait kualitas dan mutu hidup masyarakat. Kita lihat ajalah, pola makan masyarakat Pekanbaru masih belum mengacu ke arah hidup sehat. Pasalnya, masyarakat masih suka mengkonsumsi makanan cepat saji ketimbang sayur dan buah," ungkap Firdaus. 

Kepala BKKBN Riau, Agus P. Proklamasi mengatakan, ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang selalu dilaksanakan oleh BKKBN Riau bersama TNI-Polri namun dengan lokasi yang berbeda-beda. Untuk tahun ini, Pekanbaru terpilih sebagai tuan rumah pelaksanaan pencangan bhakti sosial TNI-Polri Manunggal 2019 sekaligu mempromosikan keberadaan RSUD Madani Pekanbaru.

Dalam kesempatan ini, juga ditampilkan parodi tentang program Kampung KB dan tarian nusantra dari kader KB Pekanbaru dan Forum Genre Riau. Selanjutnya, diserahkan honorium PPKDB senilai Rp 26,3 juta dan honorium sub PPKDB yang berjumlah Rp 78 juta oleh Walikota Pekanbaru dan Plt Sekdaprov Riau. BRB

Ingin mengirimkan Berita atau Photo menarik di sekeliling anda? kirim Email ke alamat : detakriaunews@gmail.com atau redaksi@detakriaunews.com
( harap cantumkan data diri anda ).

Hosting Unlimited Indonesia