Pemkab Kuansing Ancam Pidanakan Perusuh di Pacu Jalur 2019

  • DRN
  • 01 Agu 2019, 10:01:23 WIB

Telukkuantan, detakriaunews.com - Pemkab Kuansing menyatakan bagi perusuh yang memicu keributan saat pacu jalur berlangsung akan ditindak tegas secara pidana.

"Pihak manapun yang memulai keributan dan dapat mengganggu kenyamanan keamanan serta ketertiban pacu jalur maka akan ditindak secara pidana," tegas Asisten I Muhjelan, Rabu (31/7/2019) kemarin.

Pernyataan ini disampaikan Muhjelan, saat memimpin rapat mediasi antara Kecamatan Pangean dan Kenegerian Kari terkait persoalan keributan kecil saat pacu jalur di Kecamatan Pangean beberapa waktu lalu.

Muhjelan menyampaikan hal ini, supaya pelaksanaan pacu jalur nantinya baik di tingkat rayon maupun di Tepian Narosa bisa berjalan lancar dan aman tanpa ada persoalan.

Menurut Asisten I, budaya masyarakat Kuantan Singingi ini memiliki nilai histori yang sangat tinggi dan perlu dijaga secara bersama-bersama tanpa adanya keributan.

Maka menurutnya, bagi pihak yang sengaja membuat keributan dan memulai lebih awal untuk penanganannya akan diproses secara pidana.

"Ini semua demi kenyamanan bersama untuk kelancaran pelaksanaan pacu jalur sedang berlangsung dan ini agar kita indahkan bersama," ungkapnya.

Untuk diketahui melalui pemberitaan sebelumnya dari hasil pertemuan yang dimediasi Pemkab kedua bela pihak tidak persolan lagi.

Kemudian untuk mengadapi pacu jalur rayon IV di Kecamatan Sentajo Raya, pihak panitia juga melakukan mediasi antara Siposan Rimbo dan Tuah Khogi kedua menyepakati siap mensukseskan pacu jaur rayon IV ini.

Bahkan, kedua belah pihak baik pengurus jalur dan kedua Kades Pauh Angit serta Pintu Gobang membuat surat pernyataan bersama siap untuk mensukseskan pacu jalur yang di gelar hari ini tanggal 1-3 Agustus 2019.(Riauterkini.com)

Ingin mengirimkan Berita atau Photo menarik di sekeliling anda? kirim Email ke alamat : detakriaunews@gmail.com atau redaksi@detakriaunews.com
( harap cantumkan data diri anda ).

Hosting Unlimited Indonesia