Pemkab Kuansing Mulai Lirik Potensi Wisata Alam

  • DRN
  • 07 Nov 2019, 14:30:09 WIB

Taluk Kuantan, Detakriaunews.com - Meski sudah terkenal dengan ivent wisata Pacu Jalur, ternyata Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi mulai melirik potensi wisata lainnya agar bisa mendatangkan pemasukan Pendapatan Asli Daerah atau P-A-D bagi daerahnya. Salah satu potensi wisata yang kini dilirik dan dikembangkan yakni wisata alam karena Kuansing memiliki banyak lokasi air terjun yang memukau serta indah dipandang mata.

 

Pariwisata, kini menjadi salah satu sektor unggulan dan prioritas bagi Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi. Pemkab Kuansing meyakini, dengan berkembangnya pariwisata di Kabupaten Kuansing akan sangat berdampak pada perekonomian masyarakat.

 

Untuk saat sekarang, pariwisata di Kuansing masih mengandalkan wisata budaya festival Pacu Jalur yang diselenggarakan dalam sekali setahun yaitu dilaksanakan setiap bulan Agustus untuk memperingati HUT RI.

 

Dalam setiap pelaksanaan Festival Pacu Jalur (FPJ) ini, ratusan ribu pengunjung akan tumpah ruah memadati kota Teluk Kuantan ibukota Kabupaten Kuansing. Sehingga FPJ ini tidak lagi menjadi andalan kabupaten Kuansing akan tetapi sudah menjadi harapan berkembangnya pariwisata Provinsi Riau dan Indonesia.

 

Tidak sebatas FPJ, Kabupaten Kuansing sebenarnya memiliki banyak potensi pariwisata lainnya seperti objek wisata alam. Namun hingga kini, puluhan objek wisata alam yang dimiliki ini belum terkelola dengan maksimal.

 

"Sangat kita sayangkan, kalau ini tidak kita benahi, sebab ratusan ribu pengunjung yang datang untuk menyaksikan FPJ ke Kuansing, mereka juga ingin menikmati keindahan alam yang dimiliki Kuansing, ini yang nanti akan kita tawar, sehingga pengunjung tidak lagi datang ke Kuansing hanya untuk menyaksikan FPJ, tapi juga menikmati keindahan alam Kuansing,"sebut Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kuansing, Indra Suandy, saat berbincang dengan Detakriaunews.com, Jumat (08/11) .

 

Terkait hal ini sambung Indra, pihaknya melirik potensi alam yang jarak tempuhnya cukup dekat dari kota Teluk Kuantan yaitu air terjun guruh gemurai di Kasang Lubuk Jambi Kecamatan Kuantan Mudik, air terjun Batang Ogan di Desa Lubuk Ambacang Kecamatan Hulu Kuantan dan pemandian air panas di Desa Sungai Pinang Kecamatan Hulu Kuantan.

 

“Sebenarnya kita memiliki puluhan potensi wisata alam, terutama pemandian dan air terjun, tapi kita perioritaskan dulu yang jarak tempuhnya dekat dengan kota Teluk Kuantan,” sebut Indra.

 

Indra meyakini, apabila objek wisata ini dikelola dengan baik maka akan meningkatkan perekonomian masyarakat karena akan menarik minat pengunjung yang lebih ramai datang ke Kuansing. BRB

Ingin mengirimkan Berita atau Photo menarik di sekeliling anda? kirim Email ke alamat : detakriaunews@gmail.com atau redaksi@detakriaunews.com
( harap cantumkan data diri anda ).

Hosting Unlimited Indonesia