Peneliti Menyebut Makin Kekar Pria, Makin Turun Tingkat Kesuburannya

  • DRN
  • 28 Mei 2019, 18:06:36 WIB

Jakarta, detakriaunews.com - Tak hanya wanita, pria kini juga mengejar body goals mereka dengan makin kekar ototnya, maka semakin menarik mereka. Tidak sedikit di antara mereka yang melewati `jalan pintas` selain olahraga untuk membentuk ototnya.

Umumnya `jalan pintas` ini melibatkan konsumsi steroid untuk memicu pembentukan otot. Berita buruknya, para peneliti menyebut tingkat kesuburanmereka juga bisa terdampak oleh obat ini. 

Kondisi ini disebut sebagai paradoks Mossman-Pacey, dinamai dari peneliti yang pertama kali mendeskripsikannya. Paradoks ini ditemukan setelah banyaknya pasangan yang sangat sulit memiliki anak, dan kebanyakan pria ini bertubuh kekar. 

"Mereka mencoba untuk terlihat gagah, bagaikan puncak evolusi. Namun mereka membuat diri mereka sendiri tidak nyambung dengan makna evolusioner itu sendiri, karena tak ada sperma saat mereka berejakulasi," terang Dr James Mossman dari Brown University di Amerika Serikat, dikutip dari BBC.

Steroid anabolik umumnya digunakan oleh para binaragawan. Fungsinya meniru efek hormon testosteron pria di dalam tubuh dan digunakan sebagai obat peningkat kinerja untuk meningkatkan pertumbuhan otot.

Prof Allan Pacey dari University of Sheffield menambahkan sangat ironis bahwa para pria pergi ke gym agar terlihat luar biasa dan untuk menarik wanita tapi secara tak sadar malah mengurangi kesuburan mereka. 

Selain hormon, steroid anabolik juga menipu kelenjar pituitari otak dengan berpikir bahwa testis juga akan bertambah `kekuatannya`. Kelenjar ini bereaksi dengan mematikan produksi dua hormon FSH dan LH, yang merupakan kunci hormon yang mendorong produksi sperma. 

"Ironisnya itu hal lain, tapi saya pikir yang penting itu pesan pada para pasien fertilitas. Hal ini terus-terusan ada di klinik-klinik dan pesannya tidak sampai pada para pria muda dan itu jadi masalah. Sedikit info bisa menyelamatkan mereka dari rasa sakit hati (sulit memiliki anak)," tandas Prof Pacey.(Detik.com)

Ingin mengirimkan Berita atau Photo menarik di sekeliling anda? kirim Email ke alamat : detakriaunews@gmail.com atau redaksi@detakriaunews.com
( harap cantumkan data diri anda ).

Hosting Unlimited Indonesia