Penjelasan Kemenhub Terkait Jam Kerja Ojol Hanya 8 Jam Sehari

  • DRN
  • 11 Feb 2019, 18:25:28 WIB

Jakarta, Detakriaunews.com - Beredar kabar soal draf aturan dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tentang jam kerja pengemudi ojek online (ojol) maksimal 8 jam sehari. Kemenhub kemudian menjelaskan soal aturan `8 jam` yang masih dalam rancangan itu. 

Aturan yang dimaksud adalah Rancangan Peraturan Menteri Perhubungan tentang Perlindungan Keselamatan Pengguna Sepeda Motor Yang Digunakan untuk Kepentingan Masyarakat. Kemenhub menegaskan rancangan aturan itu dibuat demi keselamatan para pengemudi. 

"Memang di dalam jam kerja itu dibatasi karena tidak mungkin pengemudi kerja 24 jam. Seperti sopir bus paling lama 6 jam baru ganti. Sama dengan para pengemudi. Jadi alasan dari penentuan waktu itu karena aspek keselamatan," kata Dirjen Perhubungan Darat, Budi Setiyadi, saat dihubungi, Senin (11/2/2019). 

"Prinsipnya waktu jam kerja dibatasi untuk keselamatan," sambungnya. 

Budi mengatakan aturan itu meminta ojek online untuk istirahat setelah bekerja dalam durasi waktu tertentu. Istirahat yang dimaksud adalah tidur, bukan hanya istirahat tidak mengambil penumpang. 

"Bukan 8 jam nggak boleh nyetir lagi. 8 jam lalu istirahatnya tidur 1-2 jam. Bukannya setelah 8 jam tidak boleh mengemudi lagi. Boleh, dengan catatan setelah melaksanakan istirahat," ujarnya. 

Rancangan peraturan itu saat ini memasuki tahap uji publik. Hari ini adalah hari terakhir uji publik dan prosesnya akan dilanjutkan hingga kemungkinan selesai bulan ini. 

"Kalau saya perhatikan sekarang sudah uji publik awal Februari, Februari sudah selesai," ucapnya. 

Munculnya rancangan aturan ini memunculkan reaksi dari para pengemudi ojek online seperti yang terlihat di media sosial. Budi memaklumi pro dan kontra ini. 

"Namanya regulasi tidak ada yang sempurna. Pasti ada yang pro kontra," pungkas Budi. (Detik.com)

Ingin mengirimkan Berita atau Photo menarik di sekeliling anda? kirim Email ke alamat : detakriaunews@gmail.com atau redaksi@detakriaunews.com
( harap cantumkan data diri anda ).

Hosting Unlimited Indonesia