Penyebaran HIV AIDS Meningkat, DPRD Pekanbaru Minta Ortu Awasi Pergaulan Anak

  • DRN
  • 08 Nov 2018, 18:35:09 WIB

Pekanbaru, Detakriaunews.com - Penyakit HIV dan AIDS terus menyebar di Pekanbaru, hal ini dibuktikan dengan tingginya jumlah kasus HIV dan AIDS yang tercatat di Pekanbaru.

Wakil rakyat di DPRD Pekanbaru mengaku sedih, dan meminta orangtua mengawasi pergaulan anaknya untuk mencegah generasi muda terjangkit penyakit mematikan itu.

Korban HIV dan AIDS di Pakanbaru ini di antaranya ada pelajar dan mahasiswa. Pihak DPRD Pekanbaru sangat menyayangkan, masih tingginya angka kasus HIV dan AIDS tahun 2018 ini, di Kota Pekanbaru.

Dari data yang dirilis Diskes Pekanbaru kemarin, hingga Agustus 2018 tercatat sebanyak 80 kasus. Mereka yang terjangkit kasus mematikan ini, berstatus pelajar dan mahasiswa terinfensi penyakit HIV Aids. Rincianya 44 kasus di antaranya adalah kasus Aids dan 36 kasus adalah HIV.

"Tentu kita sedih, generasi muda kita, calon pemimpin bangsa ini terjangkit kasus ini. Kita harapkan ini harus segera dicegah," pinta Wakil Ketua DPRD Pekanbaru Jhon Romi Sinaga SE, Kamis (8/11/2018) menjawab Tribunpekanbaru.com.

Satu penyebab terjadi kasus HIV Aids, karena masih maraknya pergaulan bebas.Selain itu, minimnya pengawasan orangtua, dan kurangnya tindakan antisipasi dari pemerintah dan pihak terkait.

Tiga faktor ini lah yang membuat penyakit tersebut menyebar. Namun jika dikrucutkan lagi, penyebab utama penyakit tersebut, karena pergaulan bebas.

"Ini lah pangkal balanya. Makanya di sini, peran orangtua lah yang perlu hadir. Orangtua jangan membiarkan anak-anaknya, terutama usia sekolah masuk ke pergaulan bebas. Awasi mereka, pastikan teman-temannya (komunitas), lalu beri mereka pemahaman tentang penyakit mematikan ini," saran Politisi PDI-P tersebut.

Diakuinya, perkembangan arus modernisasi di Kota Pekanbaru belakangan ini, tidak bisa dihambat. Hanya peran para orangtua menjadi satu-satunya cara untuk mengantisipasinya, selain unsur lain seperti sekolah dan pemerintah.

"Makanya kita ingat kan orangtua, jangan anggap sepele dengan pergaulan anak-anak kita. Zaman semakin canggih, tentunya pengawasan kita selaku orangtua juga harus super ketat juga," katanya, seraya mengharapkan, bagi masyarakat yang keluarganya sudah terjangkit HIV AIDS, agar tidak perlu sungkan memeriksanya ke rumah sakit.

Halaman Berikutnya:

1 2 NEXT

Ingin mengirimkan Berita atau Photo menarik di sekeliling anda? kirim Email ke alamat : detakriaunews@gmail.com atau redaksi@detakriaunews.com
( harap cantumkan data diri anda ).

Hosting Unlimited Indonesia