Peringati HUT RI ke-73, Bupati Bengkalis Kukuhkan 75 Anggota Paskibra

  • DRN
  • 16 Agu 2018, 18:15:04 WIB

BENGKALIS,Detakriaunews.com  - Bertempat di Lapangan Tugu, Jalan Jenderal Ahmad Yani, Rabu (15/8/18) Pemerintah Kabupaten Bengkalis, Bupati Bengkalis Amril Mukminin kukuhkan 75 orang anggota Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) memperingati Hari Kemerdekaan ke-73 Republik Indonesia di Kabupaten Bengkalis. 

Pengukuhan Paskibra yang terdiri dari 40 putra dan 35 putri langsung dipimpin Bupati Bengkalis, Amril Mukminin selaku inspektur upacara. Sedangkan Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga, H. Anharizal,l bertindak sebagai perwira upacara. 

Secara simbolis pengukuhan bagi pelajar terbaik dari berbagai Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat di kabupaten memiliki 136 desa dan 19 kelurahan ini, ditandai dengan pemasangan kendit oleh Bupati Amril Mukminin. 

Pemasangan kendit tersebut dilakukan Bupati Amril kepada dua orang perwakilan Paskibra. Paulina Yurika dari Kecamatan Bantan dan Vabro Yunando dari Kecamatan Bengkalis. 

Dipandu Paskibra dari Kecamatan Mandau Agus Sefrizon Sitompul sebagai pembaca ikrar dan janji untuk selalu setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), memegang teguh serta menerapkan nilai-nilai luhur bangsa, setia kepada Pancasila sebagai dasar negara Indonesia. 

Selanjutnya dalam kondisi gelap tanpa penerangan dilakukan proses cium bendera Merah Putih oleh setiap Paskibra. Prosesi ini diiringi sejumlah lagu wajib nasional seperti Gugur Bunga, Syukur, dan Indonesia Pusaka. 

Sebelum meninggalkan tempat pengukuhan, Bupati Amril dan rombongan mendapat suguhan atraksi yel-yel yang memukau dari 75 anggota Paskibra. 

Kesempatan ini Bupati Bengkalis, Amril Mukminin berpesan, agar misi Paskibra tidak boleh terhenti pada momentum peringatan HUT Kemerdekaan RI. Jiwa nasionalisme dan patriotisme, kepeloporan serta kepemimpinan yang terbentuk sebagai anggota Paskibra harus mampu dijaga. Harus diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. 

"Sebagai putra-putri Indonesia pilihan, kalian harus dapat menjadi garda terdepan dalam memberikan energi positif bagi generasi muda lainnya dan juga masyarakat," pesannya. 

Bupati Amril mengucapkan terima kasih kepada orang tua Paskibra, karena telah mendoakan, memberikan motivasi sehinga mampu bertahan dalam setiap proses penyeleksian dan latihan yang sangat berat sebelum resmi dikukuhkan. 

Selain Ketua Tim Penggerak PKK, Kasmarni, hadir pada pengukuhan Paskibra tersebut Sekretaris Daerah, H. Bustami HY dan istri yang juga Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Bengkalis, Hj. Akna Juita.

Kemudian, Asisten Pemerintahan Hj. Umi Kalsum, Asisten Administrasi Pembangunan H. Heri Indra Putra, dan Asisten Administrasi Umum H. TS Ilyas, sejumlah Kepala Perangkat Daerah serta Pejabat Administor dan Pengawas di Pemkab Bengkalis. 

Ketua Majelis Kerapatan Adat LAMR Kabupaten Bengkalis Riau H. Zainuddin Yusuf, Ketua MUI Bengkalis H. Amrizal, Forkopimda. 

Selain itu, para orang tua anggota Paskibra juga diundang untuk hadir. Mereka langsung dapat menyaksikan proses pengukuhan putra-putri mereka dari tenda yang sudah disediakan. (riauterkini.com)

Ingin mengirimkan Berita atau Photo menarik di sekeliling anda? kirim Email ke alamat : detakriaunews@gmail.com atau redaksi@detakriaunews.com
( harap cantumkan data diri anda ).

Hosting Unlimited Indonesia