Pintu Waduk PLTA Dibuka, Air Sungai Kampar Naik Sampai 60 Cm

  • DRN
  • 05 Nov 2018, 14:28:48 WIB

Detakriaunews.com - Masyarakat yang beraktivitas atau yang bertempat tinggal di sepanjang aliran Sungai Kampar dihimbau untuk waspada. Pasalnya, pengelola Waduk Unit Layanan PLTA Koto Panjang pada Minggu (4/11/2018) kemarin, telah melakukan pembukaan pintu pelimpah Spillway Gate pada pukul 14.00 WIB.

Dengan dibukanya tiga pintu pelimpah Spillway Gate ini, air Sungai Kampar akan naik sekitar 30 cm sampai dengan 60 cm.

"Untuk saat ini efek pembukaan pintu PLTA belum terasa kenaikannya di wilayah Bangkinang Seberang. Namun intensitas hujan tinggi sudah mengakibatkan kenaikan air Sungai Kampar kurang lebih 10 cm," kata Kalaksa Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau, Edwar Sanger kepada GoRiau.com di Pekanbaru, Senin (5/11/2018).

Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, kata Edwar, pihaknya akan terus memantau debit air tersebut selama 24 jam.

"Kami berharap dampak pembukaan pintu PLTA tidak berpengaruh besar terhadap kenaikan Sungai Kampar. Namun, kami akan terus memantau lagi di malam hari untuk mengecek apakah ketinggian akan bertambah," tuturnya. (GoRiau.com)

Ingin mengirimkan Berita atau Photo menarik di sekeliling anda? kirim Email ke alamat : detakriaunews@gmail.com atau redaksi@detakriaunews.com
( harap cantumkan data diri anda ).

Hosting Unlimited Indonesia