Riau Inflasi 0,68 Persen di Bulan Mei, Mudik Lebaran Jadi Andil

  • DRN
  • 10 Jun 2019, 13:28:02 WIB
Pekanbaru, Detakriaunews.com - Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Riau, Provinsi Riau mengalami inflasi sebesar 0,68 persen pada bulan Mei lalu. Hal ini dipicu, akibat tingginya harga cabe merah dan bawang putih selama bulan suci ramadhan 1440 Hijriah serta tingginya mobilitas warga untuk melakukan perjalanan mudik lebaran. 
 
Dari 23 kota Indeks Harga Konsumen (IHK), seluruhnya mengalami inflasi pada bulan Mei 2019. Dimana, angka inflasi tertinggi terjadi di kota Pangkal Pinang sebesar 1,78 persen sedangkan inflasi terendah berada di kota Tanjung Pandan sebesar 0.23 persen. 
 
Adapun kelompok pengeluaran yang menjadi andil terjadinya inflasi, yakni bahan makanan, makanan jadi, listrik dan transportasi. Sedangkan komoditi pemicu terjadinya inflasi seperti cabe merah, kentang, bawang putih, angkutan udara dan bus serta pepaya.
 
Kepala BPS Riau, Aden Gultom mengatakan, jika pada bulan April lalu angka inflasi Riau berada di posisi 0,53 persen, namun pada bulan Mei 2019 ini sedikit mengalami kenaikan ke angka 0,68 persen. Bahkan pergerakan mudik lebaran, juga menjadi pemicu terjadinya inflasi Riau. 
 
"Selain cabe merah dan bawang putih, angkutan udara dan angkutan darat menjadi penyebab terjadinya inflasi karena banyak warga yang melakukan perjalanan mudik lebaran. Namun kita akan melihat, apakah perjalanan mudik dan arus balik akan mempengaruhi angka inlfasi pada bulan Juni nanti," ungkap Aden kepada Detakriaunews.com, Senin (10/06) siang. 

Dari bulan Januari hingga Mei 2019, jumlah total inflasi di Riau mencapai angka 0,95 persen. Diprediksi, jumlah total inflasi Riau hingga akhir tahun 2019 hanya mencapai angka 2,31 persen yang berada jauh di bawah ambang batas aman yakni 3,50 persen.
 
Dalam kesempatan pres rilis kali ini, Kepala BPS Riau menyampaikan salam perpisahan kepada insan pers di Riau karena memasuki masa pensiun pada bulan Juli mendatang. Selama 2 tahun 8 bulan bertugas di Riau, Aden merasa sangat senang berada di bumi melayu lancang kuning. BRB
 

Ingin mengirimkan Berita atau Photo menarik di sekeliling anda? kirim Email ke alamat : detakriaunews@gmail.com atau redaksi@detakriaunews.com
( harap cantumkan data diri anda ).

Hosting Unlimited Indonesia