Ternyata Ini Manfaat Puasa Bagi Atlet Saat Bertanding

  • DRN
  • 15 Mei 2019, 19:05:20 WIB

Jakarta, detakriaunews.com - Juergen Klopp menurunkan Mohamed Salah dan Sadio Mane di barisan depan Liverpool saat melawan Wolves untuk pertandingan Liga Inggris hari ini. Diketahui keduanya seorang muslim yang tak asing dengan momen berpuasa.

Meski begitu tak selalu pemain bola atau atlet menjalani puasa saat bertanding. Aktivitas fisik tinggi dibutuhkan sehingga keputusan tidak berpuasa kadang kala diambil untuk menjaga performa dan kesehatan.

Meski demikian, Head of sports medicine di Crystal Palace sekaligus konsultan olahraga, Dr Zafar Iqbal, menuturkan bahwa puasa juga bisa menimbulkan dampak positif bagi kesehatan atlet yang bertanding. Kepada Bleacher Report, Iqbal mengatakan ia sering berhadapan dengan pemain yang menjalankan saum.

"Pemain-pemain yang bekerja denganku yang menjalankan puasa semuanya menuturkan kalau berpuasa membuat mereka terbantu secara mental dan mereka merasa lebih disiplin serta apresiatif," katanya.

"Sejumlah pemain akan puasa saat latihan tapi tidak saat pertandingan, dan mereka menggantinya nanti -- apalagi kalau mereka akan berpergian. Balik lagi, ini keputusan yang individual. Aku pernah menemukan ini di mana atlet muslim lainnya di cabang olahraga lain seperti kriket, beberapa orang puasa saat latihan dan pertandingan dan ini membantu mereka secara mental," ujarnya seperti dikutip dari The Sun.

Beberapa hari lalu, dua pemain Ajax Amsterdam tetap berpuasa saat menjalani laga leg kedua semifinal Liga Champions melawan Tottenham Hotspur. Ialah Noussair Mazraoui dan Hakim Ziyech yang membatalkan puasanya baru pada menit ke-22.(Detik.com)

Ingin mengirimkan Berita atau Photo menarik di sekeliling anda? kirim Email ke alamat : detakriaunews@gmail.com atau redaksi@detakriaunews.com
( harap cantumkan data diri anda ).

Hosting Unlimited Indonesia