UPT LPMP Riau Masuk Daftar Program Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi

  • DRN
  • 03 Sep 2019, 16:28:10 WIB

Pekanbaru, Detakriaunews.com - Pada tahun 2019 ini, ada sebanyak 9 UPT LPMP di Indonesia termasuk UPT LPMP Riau yang diajukan untuk mengikuti Program Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi dari Kemenpan RB. Serangkaian prosedur telah dilalui, termasuk kunjungan Tim Penilai yang telah turun ke Riau pada akhir pekan lalu.

Dari waktu ke waktu, kondisi korupsi di Indonesia masuk dalam kategori kronis. Pasalnya, sistem penyelenggaraan pemerintahan di Indonesia masih belum berorientasi sepenuhnya terhadap pelaksanaan prinsip-prinsip tata kelola pemerintahan yang baik (good government governance). 

Dalam upaya pencegahan dan pemberantasan korupsi, Presiden Republik Indonesia melalui Inpres Nomor 17 Tahun 2011 telah menginstruksikan kepada para menteri dan kepala lembaga negara serta Kepala Daerah, untuk mengambil langkah-langkah yang diperlukan dalam rangka pencegahan dan pemberantasan korupsi.

Dalam rangka memberikan apresiasi kepada top manajemen yang memiliki komitmen terhadap pencegahan korupsi, Menteri PAN dan RB menerbitkan Permenpan dan RB Nomor 60 Tahun 2012, tentang Pedoman Umum Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Dari Korupsi. 

Kepala UPT LPMP Riau, Mulyatsyah mengatakan, Tim Penilai dari Kemenpan RB telah datang ke Pekanbaru pada pekan lalu. Penilaian ZI-WBK mengacu kepada sejumlah indikator, seperti komitmen pelayanan berbasis bebas pungutan, meningkatkan standart pelayanan, manajemen perubahan, akuntabilitas serta pelayanan informasi.

“Untuk UPT LPMP Riau sendiri, ada sejumlah nilai plus tersendiri yang ditonjolkan yakni kehadiran mobil pelayanan keliling serta adanya peta mutu pendidikan di Riau. Saat ini, kami tinggal mengunggu hasil pengumuman dari pihak Kemenpan RB. Jika kita mampu meraih prediket ini, maka akan menambah kepercayaan diri dari LPMP Riau,” ungkap Mulyatsyah kepada Detakriaunews.com, Selasa (03/09).

Mulyatsyah berharap, UPT LPMP Riau bisa memberikan kontribusi nyata bagi dunia pendidikan Riau. Terlebih lagi, saat ini banyak permasalahan yang dihadapi tenaga pendidik di riau, termasuk kekuarang jumlah guru dan rendahnya honor guru daerah. BRB

Ingin mengirimkan Berita atau Photo menarik di sekeliling anda? kirim Email ke alamat : detakriaunews@gmail.com atau redaksi@detakriaunews.com
( harap cantumkan data diri anda ).

Hosting Unlimited Indonesia