Viral Penipuan Driver Ojol Pakai Cerita Sedih, Korban Lain Tahu dari Twitter

  • DRN
  • 14 Sep 2019, 10:00:03 WIB

Jakarta, detakriaunews.com - Baru-baru ini viral media sosial terutama Twitter soal driver ojek online alias ojol menipu dengan `menjual` cerita sedih kepada korbannya. Hal ini ramai setelah diceritakan oleh pengguna ojol dengan user @kirekswasta.

Melihat tweet itu, pemilik akun @yukeeofn pun kaget karena merasa sama dengan yang dialaminya. Ia mendapat driver berperawakan pria paruh baya yang sepanjang jalan menangis karena istrinya kena kanker rahim namun belum memiliki biaya untuk menebus obat-obatan. Karena iba, ia kemudian memberi sejumlah uang dengan maksud membantu driver tersebut.

Cerita ini pun ditemukan oleh Ecky, pengguna ojol yang ternyata pernah mengalami hal yang sama dengan yang dialami pencerita-pencerita di atas. Modusnya pun diakui Ecky sama persis dengan yang dialaminya kurang lebih 2 bulan lalu.

"Saya baru tahu bahwa ternyata modusnya sama banget dengan yang saya alami. Puncak saya tahu bahwa itu adalah penipuan adalah Thread mbak Yuk yang mendapatkan balasan dari bapak Hamdan bahwa istrinya meninggal, tapi di aksi berikutnya, dia melakukan modus yang sama," ungkapnya kepada detikcom, Jumat (13/9/2019).

"Mana bisa istri sudah meninggal tapi masih modus dengan cara memberitahu bahwa istrinya kanker rahim stadium 4? Di situlah saya tau bahwa itu modus penipuan," lanjut Ecky.

Ia pun bercerita, pada Selasa (16/7/2019) lalu, ia menggunakan ojol untuk pulang dari kantor ke kostnya. Ecky mengaku bahwa driver ojol tersebug sangat ramah mulai dari awal ia naik, hingga di pertengahan jalan driver itu mulai menangis tersedu-sedu dan menceritakan kisah sedih yang dialaminya yang merupakan modus penipuan.

"Singkat cerita, beliau mulai lah cerita bahwa beliau belum pulang 4 hari. Selama itu beliau tinggal di kursi-kursi pinggiran jalan. Beliau bilang semuanya karena istrinya yang lagi di rawat di RS Daerah Depok (tidak dijelaskan secara spesifik) terkena kanker rahim stadium 4," cerita Ecky.

Menurut Ecky, cara driver ojol itu bercerita sungguh menyentuh hati. Namun dalam pemikiran Ecky sempat terbersit bahwa ceritanya hanyalah modus untuk mendapatkan tip yang lebih besar.

Setelah perjalanan selesai, Ecky memberi tip tidak terlalu banyak, yakni Rp 10 ribu untuk driver tersebut. Ecky tak ambil pusing, kalau memang ceritanya benar maka ia berharap tip-nya yang tidak seberapa itu bisa membantu driver tersebut.

Mengetahui fakta bahwa cerita driver tersebut hanya sebuah modus, Ecky merasa tertipu walau pun nominal pemberiannya kecil. Namun ia sangat menyayangkan aksi yang dilakukan driver ojol tersebut dengan memanfaatkan kebaikan orang lain.

"Hanya saja fakta bahwa ada sebagian orang yang masih memiliki mental untuk mengeksploitasi kebohongan demi memanfaatkan keuntungan sih itu gak baik," tandasnya.

Seperti diberitakan detikcom, Senior Manager Corporate Affairs Gojek, Alvita Chen mengatakan bahwa Gojek telah memastikan tindakan tegas sudah dijatuhkan kepada driver ojol itu. Gojek melakukan pemutusan mitra.

"Oknum pelaku diberi sanksi tegas sesuai SOP kami karena penipuan merupakan jenis pelanggaran yang kami tidak tolerir," ungkapnya.

detikers yang aktif menggunakan ojol, pernah mengalami hal serupa tidak? Kalau pernah, ceritakan pengalamanmu di kolom komentar ya.(Detik.com)

Ingin mengirimkan Berita atau Photo menarik di sekeliling anda? kirim Email ke alamat : detakriaunews@gmail.com atau redaksi@detakriaunews.com
( harap cantumkan data diri anda ).

Hosting Unlimited Indonesia